LIFT ATAU ELEVATOR?

Mei 21st, 2016

Di hotel-hotel yang megah, atau di mall-mall, yang biasanya terdiri dari beberapa lantai, ada suatu alat berupa suatu ruangan  kecil yang berfungsi membawa pengunjung dari satu lantai ke lantai lain. Pengunjung yang menggunakan alat itu akan masuk ke dalam ruang kecil itu dan akan menekan salah satu tombol yang menunjukkan lantai yang dituju. Nah, alat tersebut dinamakan lift atau elevator? Selain itu, di pusat perbelanjaan yang lain ada juga tangga yang dengan tenaga listrik mengangkat atau menurunkan pengunjung ke lantai/tingkat yang berbeda. Dalam bahasa Indonesia, ini dinamakan “tangga berjalan”. Dalam bahasa Inggris, apakah namanya alat ini?

lift

Jawaban:

Menurut Merriam-Webster’s Vocabulary Builder, LEV berasal dari kata sifat dalam bahasa Latin levis, yang berarti “ringan” dan kata kerja levare yang berarti “mengangkat atau meringankan”. Beberapa kata yang menggunakan LEV adalah alleviate, leavening, levity, dan tentunya elevate yang merupakan kata kerja dari elevator. The Advanced Learner’s Dictionary of Current English memberikan definisi bagi elevator sebagai kata benda sebagai berikut: “(1) machine like a continuous belt with buckets at intervals, used for raising grain, etc. (2) building for lifting, storing, and distributing grain, (3) thing that elevates (e.g. part of an aircraft that is used to gain or lose altitude), (4) (USA) = lift, n. (def. 2).”

Apa arti kata lift sebagai kata benda menurut The Advanced Learner’s Dictionary of Current English? Kamus tersebut memberikan dua definisi bagi lift sebagai kata benda. Definisi pertama (def. 1) adalah act of lifting dan definisi kedua (def. 2) adalah apparatus for taking people up or down to another floor, dengan suatu catatan pada definisi kedua tersebut adalah bahwa ini adalah elevator dalam American English. Pada def. 2 tersebut juga disertakan suatu contoh penggalan kalimat: “take the lift to the tenth floor”.

www.oxforddictionaries.com menjelaskan lift (British English) sebagai kata benda: “a platform or compartment housed in a shaft for raising and lowering people or things to different levels.” (konsisten dengan definisi dari The Advanced Learner’s Dictionary of Current English) dan menjelaskan elevator (North American): “a platform or compartment housed in a shaft for raising and lowering people or things to different floors or levels”, sama persis dengan definisi lift dalam British English!

Jadi, alat yang dipertanyakan di atas bisa disebut lift, bisa juga disebut elevator. Tergantung apakah kita akan menggunakan British English atau American English. Dalam British English, alat tersebut dinamakan lift, sedangkan dalam American English alat itu dinamakan elevator.

Terhadap pertanyaan kedua, jawaban yang benar adalah escalator. Menurut The Advanced Learner’s Dictionary of Current English, escalator (British English) adalah ”moving stairs carrying people up or down” dan menurut www.oxforddictionaries.com escalator dalam American English adalah “a moving staircase consisting of an endlessly circulating belt of steps driven by a motor, conveying people between the floors of a public building”. Jadi, terdapat kesamaan makna dari escalator menurut kedua versi.

File wordsnya: lift_elevator.docx



Most visitors also read :



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *